Siapa Aku? Siapa Rabbku?





Ku buka kelopak mata di pagi buta
Panggilan Mu sayup-sayup terdengar, menelisik jiwa.
Basuhan air suci seakan tak menembus kulit yang mengering
Kian mengering sekering hati saat ini

Kesadaranku belum sepenuhnya kembali pada raga
Entah masih di alam mana asyik berkelana.
Bahkan saat aku bersiap menghadap Mu
Tak jua hadir memenuhi panggilan Mu

Mengapa Rabb..
Mengapa jiwa ku selalu bergerak menjauh dari naungan kasih Mu?
Apakah karena aku sebenarnya tak mengenal Mu?
Atau bahkan aku sendiri tak mengenal siapa aku?
Layaknya sabda baginda alam ‘siapa yang mengenal dirinya sendiri maka ia mengenal Tuhannya‘

Siapa aku ya Rabb?
Bukankah aku ini makhluk Mu?
Dengan segala kecacatan dalam akhlakku
Dengan segala kebusukkan lisanku
Dengan semua keterbatasan dalam pribadiku

Ku ikuti langkahku
Langkah menuju proses pengenalan diri
Berharap bisa mengenal Mu
Menjadi hamba yang mengenal baik Tuhannya
Naungi langkahku ya Rabb
Agar istiqomah berada di jalan keridhaan Mu.

Komentar