RESENSI BUKU Bi!


03 Maret 2018
12:10

Judul              : Bi!
Pengarang      : Fei
Penerbit          : Haru
Kota Terbit    : Jakarta Selatan
Cetakan          : Pertama, Februari 2013
Tebal Buku    : ii + 276 Halaman
Sinopsis          :
Bi Adalah panggilan untuk Dokkaebi (makhluk gaib yang berasal dari roh benda mati). Bi merupakan nama dari roh sebubah lonceng tua yang dimiliki Kim Min Jeong pemberian dari Bibi Song. Min Jeong yang akan memasang lonceng tersebut di depan rumah, tetiba dikejutkan sesosok wajah bertanduk menyeramkan yang kemudian diketahui bahwa sosok itu adalah Dokkaebi. Bi terbebas dari kurungan lonceng karena ia mendapat tetesan darah saat lengan Min Jeong terpukul palu.
Kisah Bi dengan Min Jeong pun berlanjut, karena Bi menyangka Hyuk (teman Min Jeong) adalah Lee Gyeon sahabat yang menghianatinya empat ratus tahun yang lalu, Lee Gyeon lah yang membuatnya terkurung dalam lonceng selama 400 tahun lamanya. Dan Bi bermaksud untuk membalas dendam. Lee Gyeon adalah sahabat kecil Min Jeong yang selalu ada disamping Min Jeong. Maka dengan berbagai cara Min Jeong mencari cara agar mereka berdua tidak bertemu.
Kisah ini semakin menarik ketika Min Jeong dan Bi semakin dekat. Bi mengubah wujudnya menjadi manusia agar Min Jeong dan manusia lainnya tak ketakutan ketika menampakkan diri. Bi membantu Min Jeong berdagang dan membantu pekerjaan yang lain. Hal ini terus berlanjut hingga Hyuk merasa cemburu. Konflik Min Jeong dengan Hyuk kian menegang karena Hyuk ternyata mengkhianatinya. Ia menipu Ayah Min Jeong dengan usaha yang diiming-iming keuntungan berlebih, yang nyatanya malah membuatnya berhadapan dengan pihak kepolisian.
Kelebihan:
Buku ini memberi kita wawasan mengenai keadaan dan budaya di Korea. Kosakata yang juga dapat memperkaya pembaca mengenai negara tersebut. Cerita yang disajikan pun cukup unik dengan mengaitkan legenda setempat dengan konflik percintaan dan persahabatan yang begitu kental. Membuat rasa penasaran muncul ketika membuka setiap lembarannya. Saya yang awalnya tidak begitu menyukai korea, setelah membaca buku ini, perlahan saya mulai mencari lebih dalam mengenai negara tersebut
Kekurangan:
            Aku tidak terlalu paham bagaimana cara mencari kekurangan dari sebuah buku. Buku Bi!banyak sekali kosakata bahasa korea yang berulang, dan bagi ingatanku yang buruk aku harus membalik kertas untuk melihat catatan kaki arti dari kosakata tersebut.

Komentar