RESENSI BUKU ANOTHER IDOL


30 Agustus 2018
21:10

Judul              : Another Idol
Pengarang      : Delia Angelia
Penerbit          : Elf Books
Kota Terbit    : Jakarta Selatan
Cetakan          : Pertama, Agustus 2012
Tebal Buku    : 168 Halaman
Sinopsis          :
Buku ini bercerita mengenai seorang perempuan bernama Im Joo Yeon dan idolanya yang tergabung dalam Perfect Ten, sebuah grup vocal yang banyak digandrungi para perempuan Korea. Kisah ini terinsipasi dari penulis yang sangat mengidolakan Super Junior. Im Jo Yeon tetiba terseret dalam kisah rumit bersama sepuluh member Perfect Ten, terutama Jun Su dan Jung Jin Ho.
Di salah satu kesempatan saat Perfect Ten show, Joo Yeon mendapat perhatian lebih dari Jin Ho, bahkan Jin Ho sempat mencium tangan Joo Yeon dan memintanya bertemu di back stage. Kisah mereka terus bersemi meski harus sembunyi-sembunyi agar terhidar dari gosip dan fans yang tak setuju pada hubungan mereka. Hingga akhirnya Joo Yeon tahu bahwa ia sudah di jodohkan Appa  yang kebetulan adalah leader Perfect Ten, yaitu Jun Su.
Jun Su jatuh hati pada Joo Yeon, namun hati Joo Yeon telah jatu di tempat lain yaitu pada Jin Ho. Hingga kejadian itu membuat Perfect Ten sedikit terganggu. Jun Su dan Jin Ho lebih sering beradu mulut, atau malah diam seperti orang yang canggung. Hingga satu dari anggota Perfect Ten bicara baik-baik pada Joo Yeon agar menjauhi dua laki-laki yang sama-sama menyukainya. Joo Yeon memahaminya. Ia berusaha menghindari kedua lelaki tersebut meski menyakitkan, terlebih ia sangat merindukan Jin Ho. Hingga Joo Yeon memutuskan kuliah di Paris, agar pikirannya lebih tenang.
Setelah enam bulan kuliah di sana. Takdir mempertemukannya kembali dengan Perfect Ten, dan matanya langsung mencari sosok Jin Ho. Keadaan tak seperti enam bulan lalu. Perfect Ten menerima Joo Yeon dengan ramah dan mengizinkannya berhubungan dengan Jin Ho. Saat ending cerita baru saja hendak bahagia, ternyata Joo Yeon berada dalam mimpi. Kisah kerumitan hubungannya dengan idolanya hanya sebuah mimpi.
Kelebihan:
Setiap kata dalam buku ini mengalir begitu saja, mudah sekali dicerna. Setiap kosakata bahasa asingpun disertai catatan kaki yang lengkap. Covernya cantik dan di halaman awal disertai biodata sepuluh member Perfect Ten, membuat imajinasi pembaca semakin nyata.
Kekurangan:
            Aku tidak terlalu paham bagaimana cara mencari kekurangan dari sebuah buku, karena aku hanya seorang penikmat buku. Namun, pada alur awal buku ini terkesan terlalu terburu-buru. Contohnya saat Joo Yeon tiba-tiba menjadi fans beruntung yang membuat Jin Ho jatuh hati, dengan sekali pandangan saat Perfect Ten show. Hal itu membuat pembaca sedikit janggal dan hampir bisa menebak di awal bahwa itu hanya khayalan Joo Yeon terhadap idolanya.

Komentar