RESENSI BUKU SURAT CINTA UNTUK BAPAK PRESIDENKU



30 Januari 2017

Judul              : Surat Cinta untuk Bapak Presidenku
Pengarang      : Sri Handayani, dkk
Penerbit          : Diva Press
Kota Terbit    : Yogyakarta
Cetakan          : Kedua, Mei 2011
Tebal Buku    : 247 Halaman
Sinopsis          :
Buku ini adalah kumpulan cerpen karya dari para santri yang kreatif. Terdapat lima belas judul cerpen dalam buku 247 halaman ini. Salah satu judul cerpen yang dijadikan judul buku adalah Surat Cinta untuk Bapak Presidenku. Berikut adalah judul-judul cerita pendek yang terdapat dalam buku ini.
1.      Mencari Tikus
2.      Seruling Cinta
3.      Surat Cinta untuk Bapak Presidenku
4.      Dalam Pelaminan Cinta
5.      Meniti Cahaya
6.      Jalan Terbaik
7.      This Is My Life
8.      Penulis
9.      Benalu
10.  Cintamu Hidupku
11.  Kasih dan Dua Air Mata
12.  Pengadilan
13.  Dendam Ditelan Purnama
14.  Kepulangan Seseorang
15.  Sang Pengabdi
***
Cerpen dengan judul Surat Cinta untuk Bapak Presidenku merupakan kritikan seorang rakyat pada pemimpinnya. Bagaimana seorang anak yang menulis surat pada presiden dan meminta untuk lebih memerhatikan dan mengalokasikan dana untuk bantuan bencana banjir yang saat itu menimpa ia dan keluarga bahkan masyarkat sekitarnya. Ia dan ibunya bingung ketika sang adik merengek karena sebelah sepatunya terbawa hanyut oleh derasnya aliran banjir. Adiknya terus merengek karena takut dimarahi Ibu Guru jika nanti ke sekolah tidak memkai sepatu. Ibu dan kakaknya berusaha menenangkan, bahwa sepatunya akan ditemukan atau akan dibelikan ayah sepatu baru jika memang tak ditemukan. Padahal, itu hanya untuk menenangkan sang adik, ia tahu ayahnya tak memiliki uang cukup untuk memperbaiki hidupnya apalagi untuk mengganti sepatu adik.
Karena kondisi seperti itulah, sang kakak menuliska surat untuk Pak Presiden yang meminta pemerintah mengunjunginya, memberikan bantuan, bukan terus memberikan gaji pada orang berdasi.

Komentar